-->

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Not Responding

laptop not responding


Halo Tekners, laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. 

Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse . Karena laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkontak dan mengisi kembali baterai.

Bisa dibilang laptop adalah komputer dengan bentuk dan ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga lebih fleksibel dan bisa digunakan dimana saja. Namun dengan keunggulannya tersebut sudah pasti memiliki kelemahan jika digunakan dengan tidak semestinya, sehingga kadang laptop menjadi kurang responsif dan lelet, dan lebih menyebalkannya lagi jika sering not responding

Hal ini pasti ada penyebabnya, JalanTekno akan membeberkan penyebab dan cara mengatasinya, cekidot..


Kenapa Laptop Sering Not Responding?


1. Laptop terlalu sesak, karna terlalu banyak menginstal software

Tak pria maupun wanita, kebutuhan akan software (aplikasi) pasti berbeda-beda, ada yang hanya membutuhkan sedikit aplikasi, ada pula yang sebaliknya. 

Dengan menginstal banyak aplikasi otomatis ruang penyimpanan akan semakin penuh, apalagi jika software tersebut Running in Background (berjalan dilatar belakang) aplikasi jenis ini adalah aplikasi yang secara otomatis me-load secara langsung tanpa diperintah oleh kita sendiri, jadi ketika kamu menyalakan laptop maka aplikasi ini akan Running sendiri.


2. Terlalu banyak bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan, yaitu aplikasi yang sudah ada ketika kamu menginstal sistem operasi, seperti windows, maka akan otomatis terinstal aplikasi seperti cuaca, berita dll. Yang notabenenya tidak terlalu diperlukan.


3. Banyak membuka aplikasi secara bersamaan

multitasking


Hal ini sering disebut multitasking yaitu keadaan dimana laptop menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, tentu ini mengakibatkan penggunaan RAM laptop menjadi besar, tak heran jika laptop kamu sering not respnding.

Laptop itu seperti manusia, jika kamu melakukan sesuatu secara bersamaan otomatis pemikiran kamu akan terbagi-bagi, sehingga tidak fokus, dan hasilnya (dalam kasus laptop) akan not responding.

4. Aplikasi yang kamu gunakan tidak kompatibel 

Sistem operasi apa yang kamu gunakan? windows? tipe berapa? windows 7/8/10?. Tiap-tiap windows kadang memiliki bit yang berbeda, saya menggunakan windows 8 dengan sistem operasi berbasis 64 bit.

Tapi dulu saya menggunakan suatu aplikasi yang supportnya jika OS berbasis 32 bit, alhasil justru bukannya makin lancar performanya eh malah sering not responding, namun setelah saya menggunakan aplikasi yang support dengan OS saya (64 bit) semuanya jadi lancar.

Jadi silahkan cek basis bit OS kamu dan juga cek aplikasi kamu ya supportnya basis berapa.

Setelah mengetahui penyebabnya sekarang apa yang perlu kita lakukan? simak penjelasan JalanTekno dibawah.


Cara Mengatasi Laptop sering not responding

1. Uninstal software yang tidak diperlukan

Seperti yang saya utarakan diatas, semakin banyak software akan membuat penyimpanan dan penggunaan RAM semakin besar (sesak) maka hapuslah aplikasi yang tidak berguna.

Kamu bisa melakukannya di control panel> program and features

2. Disable aplikasi running in background yang tidak diperlukan

Ini juga penting, caranya sudah saya berikan link artikelnya diatas, silahkan dilihat lagi ya. Kamu bisa melakukannya di Task Manager>Startup

3. Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan

Nah yang ini juga sudah saya jelaskan diatas, silahkan kamu multitasking sesuai kebutuhan ya, jangan berlebihan.

Nah itulah penjelasan dari JalanTekno mengenai laptop yang sering not responding, semoga bermanfaat.

Have a nice day, share artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

1 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Not Responding"

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel