-->

Cara Menghapus Bloatware di Windows 8


       Halo Tekners, bertemu lagi dipostingan terbaru saya ini. Hari ini saya akan membahas Apa itu Bloatware Laptop/pada laptop dan tentunya cara menghapusnya, langsung aja ke pembahasannya cekidot...

Bloatware adalah aplikasi yang dipasang/ diinstal pada perangkat Android maupun Laptop dan komputer, yang sudah terinstall secara otomatis oleh pabrik dari si pembuat device tersebut namun terkadang tidak semua aplikasi bawaan tersebut berguna, malah lebih cenderung memenuhi memori penyimpanan dan RAM karna biasanya aplikasi tersebut secara otomatis sudah 'Running' saat windows di load.


Cara Menghapus Bloatware di Windows

Windows 8 (sumber: maxmanroe.com)

Menggunakan Windows Powershell

Cara pertama adalah dengan menggunakan Windows Powershell. Sebagai catatan, cara ini akan menghapus semua program bawaan, jadi pastikan anda benar-benar ingin mengapus semua program bawaan sebelum memulai. Jika anda ingin menghapus sebagian program saja, anda bisa menggunakan cara kedua atau ketiga.

1.  Jalankan Start Screen lalu cari #aplikasi Windows Powershell. Setelah ditemukan, klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

2. Jendela permintaan akses administrator akan muncul, cukup klik Yes untuk melanjutkan. Kemudian windows powershell dengan mode administrator akan terbuka, seperti gambar berikut:

3. Copy dan eksekusi perintah berikut : Get-AppxPackage |Remove-AppxPackage , kemudian tekan Enter, seperti gambar berikut:
4. Selesai

Cara Kedua (Melalui Centro UI)

1. Untuk menghapus aplikasi bawaan windows melalui Metro UI, anda bisa mulai dengan menjalankan Start Screen kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin anda uninstall kemudian klik Uninstall. Sebagai contoh saya akan menghapus aplikasi alarm bawaan windows.

2. Pemberitahuan untuk uninstall aplikasi beserta semua file yang berkaitan akan muncul, klik pada Uninstall dan proses penghapusan aplikasi akan berjalan.

Cara Ketiga (Melalui Menu Uninstall Apps)

Cara ini hampir sama dengan cara kedua, perbedaanya adalah pada cara ketiga ini anda bisa melihat daftar aplikasi bawaan sehingga anda bisa lebih leluasa dalam memilih program yang akan dihapus atau yang ingin tetap dibiarkan tetap ada. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut ini:

1. Jalankan Start Screen kemudian pada kotak pencarian masukkan kata kunci uninstall apps to free up disk space. Pilih hasil pencarian paling atas seperti pada gambar berikut:

2. Halaman berikutnya akan menampilkan semua aplikasi bawaan dengan masing-masing ukurannya, disertai dengan keterangan mengenai kapasitas sistem anda di disk C (contoh gambar : kapasitas sistem tersedia 7.65GB)


3. Klik pada program yang ingin anda hapus kemudian klik Uninstall.
4. Tunggu hingga proses uninstall selesai

Dari ketiga cara diatas, anda bisa memilih cara yang paling cocok. Saya sendiri lebih memilih cara ketiga karena saya masih memerlukan sebagian aplikasi default Windows seperti Music dan Skype. Okee semoga bermanfaat ya gan.

Jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang.

Terima Kasih, share artikel ini ya dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

0 Response to "Cara Menghapus Bloatware di Windows 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel