-->

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti HTTP ke HTTPS (SSL) Blog

memasang ssl


Halo Tekners, bagi kalian seorang blogger, membuat blog menjadi lebih menarik dan aman bagi visitor/ user tentu menjadi hal yang sangat penting, bahkan beberapa orang beranggapan ini adalah hal yang harus dilakukan agar blog terus berkembang.

Selain mempercantik tampilan blog dengan CSS, membuat blog menjadi User Friendly ataupun yang lainnya. Sebenarnya ada satu hal lagi yang harus kalian lakukan yaitu, memasang SSL.

Apa itu SSL? singkatnya SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih, jika blog dipasangi SSL otomatis URL dari blognya yang tadinya masih HTTP akan berubah menjadi HTTPS (Secured).

Memasang SSL banyak manfaatnya, salah satunya agar SEO blog menjadi lebih baik, dengan semakin baiknya suatu SEO pada blog otomatis akan lebih mudah mendapatkan visitor secara organik (Google Search). Nah setelah mengetahui apa itu SSL, kita kembali ke pembahasan utama yaitu hal yang harus kalian lakukan ketika mengganti HTTP ke HTTPS pada blog kalian, cekidott..


1. Tambahkan Properti baru pada Google Webmaster Tool (Search Console) kalian




menambahkan properti baru


Silahkan kalian buka (https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en) maka akan muncul URL properti blog kalian yang sudah ada sebelumnya, namun karna disini kalian menambahkan SSL pada blog kalian, otomatis URL blog kalian berubah menjadi HTTPS.

Tentu saja dengan perubahan ini kalian harus menambahkan (berkenalan) lagi dengan webmaster tool, caranya setelah kalian membuka URL diatas maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas, silahkan klik "ADD A PROPERTY" dan masukan URL blog kalian yang baru.


2. Submit Sitemap Baru




submit sitemap

Setelah menambahkan properti, kalian juga harus menambahkan sitemap, tentu agar artikel kalian mudah terindex lagi seperti sebelumnya, kalian bisa menambahkan sitemap seperti dulu yaitu dengan memasukan URL blog kalian dan diakhiri sitemap.xml contoh: (https://www.urlblogkalian.com/sitemap.xml).

Jika sudah, silahkan menunggu 1-2 hari maka artikel kalian akan mulai terindeks lagi. Tambahan dari saya, jika kalian sudah membuat sitemap baru seperti barusan, biasanya Menu Navigasi "SITEMAP" pada blog kalian akan blank dan tidak muncul list artikel kalian.

Nah yang perlu kalian lakukan hanyalah mengupdatenya atau buat saja lagi dari ulang seperti dahulu, saya sih waktu itu membuatnya ulang, dan ya langsung muncul list artikelnya seperti biasa, silahkan kalian coba ya.


3. Redirect URL lama ke URL baru




redirect url

URL lama kan masih HTTP, sedangkan yang baru kan HTTPS, tentu ini harus kalian redirect (alihkan) ke URL baru, caranya silahkan buka dashboard blogger kalian, klik Settings > Basic lalu ubah option "HTTPS Redirect" seperti gambar diatas ke "Yes".

Jika sudah, silahkan simpan setelan.

Baca juga: Keuntungan dan kerugian memasang wifi dirumah


4. Ubah URL navigasi dan JavaScript


Kalian tentu tau kan apa itu navigasi? biasanya berupa tombol untuk menuju kesuatu halaman, seperti pada blog saya ini diatas kalian akan melihat beberapa navigasi yang menuju ke Label tertentu pada blog saya (Android, Blog dll).

Jika kalian blogger tentu kalian sudah paham hal ini, silahkan kalian ubah URL yang tadinya HTTP ubah ke HTTPS, agar tidak terjadi Mixed Contents Pada blog kalian, lalu lakukan pula pada javascript, misalnya kalian memiliki widget yang berupa JavaScript, tentu dulunya masih HTTP, silahkan kalian buat ulang atau kalian update agar tidak terjadi Mixed content ya.


5. Terakhir


Nah yang terakhir tentu saja lakukan update artikel seperti biasa ya, agar blog kalian dikenali google lagi dan sitemap menjadi lancar dalam pengenalannya, yah walaupun kadang kita kehabisan konten, carilah refferensi pada blog orang lain tapi jangan copas! karna google benci hal itu, jika google benci otomatis artikel kalian sulit masuk page one. 

Kalian juga bisa mencari referensi dari membaca koran, membaca berita, ataupun hal-hal yang ada pada kehidupan kalian, ini bisa menjadi referensi lhoo.

Nah itulah tips dari JalanTekno yang harus kalian lakukan setelah memasang SSL, jika ada pertanyaan silahkan ketik dikolom komentar dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara agar blog bisa dicari di google

Have a nice day, share artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

0 Response to "Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti HTTP ke HTTPS (SSL) Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel