-->

10 Tips Agar Terhindar Dari Berita Hoax di Internet


Halo Tekners, pernah mendengar kata hoax? pengertian sederhana dari hoax adalah sebuah informasi, data atau berita yang berisi cerita bohong, tidak asli, mengada-ada, membohongi, menipu atau hanya sekedar april mop (lelucon) yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Tak dapat dipungkiri, dewasa ini sudah banyak media atau website yang memang bertujuan untuk membuat berita hoax, banyak juga yang sudah tertangkap oknum-oknumnya sebenarnya, tapi itu tidak bisa dibilang kalau internet diindonesia ini sudah clean atau bersih dari berita/ informasi palsu ini, nah JalanTekno sudah menyiapkan tips untuk menghindari berita hoax ini, silahkan disimak.

Cara Menghindari Berita Hoax di Internet


Jangan langsung percaya dengan judul
Kabar berita palsu sering kali memiliki judul menarik yang ditulis dalam huruf besar dan dengan tanda seru. Jika judul kelihatannya mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu, banyak contoh-contoh yang bertebaran dimedia sosial, berita jenis ini seringkali seperti ini: "Menghebohkan!!, Viralkan!!, Ternyata!!.

Perhatikan alamat URL berita
Alamat URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat menjadi peringatan bahwa berita itu palsu. Banyak situs berita palsu berpura-pura sebagai situs berita autentik dengan sedikit mengubah alamat URL. Anda dapat membuka situs tersebut untuk membandingkan alamat URL-nya dengan sumber tepercaya. Contohnya seperti ini, blog ini memiliki domain (URL) jalantekno.com, bisa saja orang lain menggunakan domain yang mirip tapi tetap saja berbeda, contohnya jalantekkno.com. Bisa dilihat URL tersebut memiliki huruf "K" dua kali, memang sedikit mirip, nah inilah yang harus dihindari. Atau lebih parahnya dia hanya menggunakan domain gratisan dari blogger yaitu blogspot.com.

Selidiki sumbernya
Pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percaya memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian navigasi "Tentang/ About" di situs mereka untuk mempelajari selengkapnya tentang situs mereka, apakah bisa dipertanggung jawabkan atau tidak.

Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar
Banyak situs berita palsu memiliki kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat tanda-tanda ini.

Cek fotonya
Kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi/ diedit. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya berbeda. Anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya. Misalnya ada berita hoax yang menggunakan foto lama, tetapi memiliki kesamaan kasus.

Periksa tanggalnya
Kabar berita palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah.

Periksa buktinya
Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu. Jadi periksa bukti-buktinya dulu ya sebelum asal-asal mensharenya dimedia sosial kamu.

Lihat laporan lainnya
Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan cerita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu. Jika berita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan berita tersebut benar. Jadi jika ada beberapa atau banyak berita mengenai hal tersebut (sama) besar kemungkinan berita tersebut benar/ fakta.

Apakah berita tersebut hanya lelucon? 
Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Cek apakah sumbernya memang biasa menampilkan parodi, dan apakah perincian cerita dan nadanya menunjukkan bahwa berita tersebut hanya sekadar lelucon.

Beberapa berita memang sengaja dipalsukan
Berpikirlah secara kritis tentang berita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui dapat dipercaya.

Nah itulah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari berita atau informasi hoax yang sekarang ini banyak terlihat di sosial media diinternet, semoga bermanfaat.

Have a nice day, share artikel ini ya dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

0 Response to "10 Tips Agar Terhindar Dari Berita Hoax di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel