-->

Apa Itu Widget di Blog, Contoh dan Cara Menambahkan Widget Blog

widget label, cara menambahkan widget

Halo Tekners, pada kesempatan kali ini saya akan membahas Apa Itu Widget Di Blog/ Wordpress? dan cara menambahkannya di blog kalian. Hmm, kalian sudah lihat gambar header diatas? ya itu adalah contoh widget, lebih tepatnya widget label, seperti yang kita tau setiap postingan pasti memiliki label, seperti halnya postingan ini yang berlabel Tips dan Tutorial, karna dipostingan ini mengandung tips dan tutorial tentunya. Langsung aja kita ke pembahasannya.


Definisi Widget

Widget merupakan sebuah aplikasi yang di pasang pada web atau blog dengan menggunakan beberapa kode/ langsung dari pengaturan blog tersebut. Widget biasanya bisa berupa gambar, flash, video, dan lainnya. 

Kita pun bisa mendapatkan banyak widget menarik yang telah disediakan oleh blogger, atau kita bisa menyebutnya widget bawaan.

Seperti Apa Sih Widget itu?

Kita pun bisa melihat banyak widget di beberapa sidebar web atau blog, biasanya bisa berupa jam waktu, tanggal, video, penampilan jumlah visitor, penampilan peringkat pagerank, dan lain-lain. Kalian pun bisa melihat widget yang ada di blog saya ini, disini ada widget Paling Dilihat (Popular Post).

Fungsi Widget

Adapun fungsi widget sebenarnya sangat banyak yang diantaranya adalah memberikan informasi kepada pengunjung tentang situs tersebut, memberikan hiasan pada blog agar terlihat lebih menarik dan indah, dan lainnya.

Cara Menambah/ Menampilkan Widget di Blog 

Yap kalian pun bisa menambahkan, menghapus, mengedit, maupun menghidden widget/gadget yang ada diblog kalian, caranya sangat mudah, berikut caranya:

1. Buka dashboard blog kalian (Blogger.com) 

2. Buka Tata Letak, Maka akan muncul denah blog kalian mulai dari header, isi post, footer, dan sidebar disitupun ada menu widget (sidebar)

3. Klik Tambahkan Gadget seperti gambar dibawah, maka akan muncul jendela baru yang berisi list widget yang bisa kalian tambahkan cukup klik tanda "Plus", maka akan muncul option dari widget yang akan kalian tambahkan tersebut, lalu tinggal kalian tambahkan di blog kalian.

menambahkan widget di blog

Nah sekarang tinggal lihat blog kalian, apakah sudah terpasang widgetnya?. Sudah mengerti kan apa itu widget, fungsinya, dan cara menambahkan widget itu sendiri, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, silahkan ketikan dikolom komentar, adnmin akan menjawab jika ada waktu luang.

Have a nice day, share artikel ini jika berguna ya, jika ingin membaca postingan menarik lainnya silahkan lihat related post dibawah.

0 Response to "Apa Itu Widget di Blog, Contoh dan Cara Menambahkan Widget Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel