-->

3 Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis di Android

cara menghemat kuota internet hp android


Halo Tekners, di zaman modern seperti saat ini, masyarakat memang bisa dibilang sudah tidak bisa terlepas dari yang namanya internet, baik itu untuk pengguna Android, IOS, ataupula Windows.Karena internet, memang sudah menjadi life style di era modern. Terlebih lagi setelah adanya koneksi jaringan 4G, yang membuat masyarakat semakin dimanjakan dengan kecepatan akses internet yang lebih stabil.

Selain menjadi life style, aktifitas lain seperti hobi juga dapat dilakukan hanya dengan mengakses internet. Seperti hobi menonoton video yang dapat dilakukan melalui beberapa situs (Youtube dll), atau juga hobi memasak yang dapat dipelajari melalui internet. Namun salah satu kendala bagi para pengguna internet, adalah kuota pada paket data internet itu sendiri.

Contohnya jika Anda menonton video melalui Youtube. Hanya dengan durasi sekitar 1 jam Anda menonton video lewat Yiutube, Anda dapat menghabiskan ratusan kilobyte kuota paket data internet Android Anda. Ditambah lagi jika Anda sering bermain game online, chating, serta akses sosial media seperti Facebook, Twitter,Instagram, hingga Path, akan membuat kuota internet menjadi cepat habis. Permaslaah tersebut, pastinya akan membuat Anda merogoh kocek lebih dalam untuk membeli kuota paket data internet.

Nah ternyata ada beberapa tips dan cara menghemat kuota paket data internet Android yang Anda miliki. Yaitu hanya dengan melakukan pengaturan pada smartphone Android. Penasaran bagaimana caranya? nah JalanTekno sudah menyiapkan ulasan lengkapnya untuk Anda.


Non-aktifkan Fitur Sinkronisasi


Ketika Anda login dengan akun Google Anda pada salah satu aplikasi seperti email atau playstore, secara otomatis opsi sinkronisasi akan muncul, dan membuat semua aplikasi yang membutuhkan akun Google Anda tersebut tersinkronisasi. Hal ini tentu saja akan membuat kuota paket data internet terkuras secara terus menerus oleh fitur sinkronisasi ini.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatur aplikasi mana saja yang ingin disinkronisasikan pada akun Google milik Anda. Atau lebih bagusnya lagi untuk tidak mengaktifkan akun Google Anda saja. Cara yaitu dengan masuk menu Settings > Accounts > Pilih akun Google Anda. Selanjutnya silahkan ubah pengaturannya seperti menon-aktifkan sinkronisasi yang tidak perlu.



Aktifkan Mobile Browser


Browsing di internet memang sudah menjadi hal biasa bagi pengguna Android, dimana segala macam informasi dapat ditemukan dengan cara browsing. Namun tentu hal ini akan membuat kota paket data internet cepat habis. Nah cara menghemat kuota paket data internet Android Anda adalah dengan mengaktifkan fitur ‘mobile browser’ dan menonaktifkan tampilan image langsung pada browser Anda.


data saver google chrome


Namun bagi pengguna Google Chrome, ada cara lebih sederhana menghemat paket internet ketika sedang browsing, yaitu dengan cara mengaktifkan ‘Data saver’. Caranya adalah dengan masuk ke Chrome > Tap ikon menu di kanan atas > Settings > Data saver, lalu aktifkan.



Batasi Penggunaan Data "Data Usage"


Tidak sedikit pengguna Android yang tidak menyadari kalau aktifitas yang dilakukannya melalui internet sudah mengahabiskan banyak kouta internet. Hal tersebut bisa dikarenakan terlalu asik streaming video atau browsing. Nah cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan membatasi pemakaian paket data internet setiap harinya. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Data Usage > Set mobile data limit > Atur batas penggunaan data internet Anda setiap harinya


data usage android


Selain itu bisa juga dengan menon-aktifkan fitur Restrict background, yaitu fitur yang berguna untuk otomatis melakukan update dan tersinkronisasi pada aplikasi-aplikasi tertentu. Yaitu dengan cara masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap icon opsi di kanan atas > Tap restrict background data > dan pilih oke.

Itu tadi merupakan beberapa cara menghemat kuota paket data internet Android yang Anda miliki. Sebenarnya cara paling efektif adalah mengurangi aktifitas-aktifitas yang dapat menghabiskan banyak kuota internet, seperti streaming video. Atau bisa juga dengan mengurangi kualitas gambar video ketika sedang streaming.

Nah itulah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk menghemat penggunaan data internet HP android kalian, semoga bermanfaat.

Have a nice day, share artikel ini ya dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

0 Response to "3 Cara Agar Paket Internet Tidak Cepat Habis di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel