-->

Apakah Boleh Menggunakan Laptop Sambil di Charge?

Halo Tekners, lagi dikejar deadline tugas? atau sedang mengerjakan presentasi dan proposal untuk kebutuhan kerja? tentu hal ini akan lebih mudah dikerjakan menggunakan laptop tentunya, sudah jelas lebih efisien menggunakan laptop dengan berbagai kelebihan yang dimiliki si laptop ini, seperti bisa dibawa kemana- mana. Pasti sangat membosankan jika harus mengerjakannya dikomputer (PC), karna harus mengoperasikannya di indor, berbeda dengan laptop yang bisa dijinjing kemana-mana seperti ke taman, cafe maupun rumah teman.

Namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, dalam hal ini adalah baterai si laptop itu sendiri, seperti HP, laptop juga menggunakan baterai yang mana jika dayanya sudah habis tentu mengharuskan kita untuk men-chargenya.

Namun ketimbang kehilangan waktu untuk menunggu sampai baterai penuh ter- charge, banyak orang lebih memilih menggunakan laptop sambil di charge, namun pernahkah terbesit dipikiran kalian efek samping menggunakan laptop sambil dicharge?





Dampak Menggunakan Laptop Sambil di Charge

Menurut saya pribadi sebaiknya jangan jika memang keadaan tidak terlalu mendesak (tidak mengejar deadline), karna akan banyak dampak negatif yang mengintai si laptop, ini pengalaman pibadi saya jadi dulu saya sering sekali bermain game online di laptop menggunakan wifi maupun modem, yang offline juga sering sih. 

Saking intensnya saya bermain game, tentunya baterai akan cepat terkuras dan akhirnya hampir habis, daripada harus mem-pause game, saya lebih memilih menggunakannya sambil di charge, lambat laun baterai laptop saya terasa lebih cepat habis daripada biasanya, hingga akhirnya fix bocor!.

Sialnya pada waktu itu saya mau mulai perkuliahan, saya mengambil program studi IT, yang sudah jelas mengharuskan saya menggunakan laptop hampir disemua mata kuliahnya, mau tak mau sayapun harus membeli baterai baru, sayapun mengunjungi tempat resmi dari produk laptop saya, tak disangka ternyata harga baterainya lumayan mahal, hampir sejuta, belum lagi saya diharuskan menunggu stoknya dulu dari pusatnya.

Karena mahal dan mengharuskan saya menunggu akhirnya sayapun membeli ditempat lain yang bukan resmi, lebih murah memang, tapi performanya tidak seperti yang benar- benar ori, yah kurang lebih itulah pengalaman saya ketika baterai laptop bocor.

Dan ada yang bilang juga jika menggunakan laptop sambil dicharge akan membuat laptop konslet, ad benarnya juga menurut saya dan yang terakhir menurut saya akan membuat laptop cepat panas. Itulah dampak negatifnya.

Ada juga beberapa mitos yang berkembang pada kasus ini, kata beberapa orang "lebih baik mencabut baterai jika memang ingin menggunakan laptop sambil dicharge, daripada nanti baterainya bocor, yakan.."

Menurut saya itu juga salah, kenapa?


Efek samping menggunakan laptop tanpa baterai




Bagi kalian yang tidak tau, laptop sebenarnya bisa kalian nyalakan tanpa baterai (baterai dicopot), dengan syarat menghubungkan charger ke laptop dan terus mencolok kannya ke stop kontak, namun segala sesuatunya pasti memiliki kekurangan, berikut bahaya menggunakan laptop tanpa baterai:

1. Akan merusak komponen elekrtonika laptop, dikarenakan menerima daya listrik AC yang berlebihan tanpa penyesuaian, yang mana sudah dijelas karena tidak ada stabilizer dari charger (salah satu fungsi charger)

2. Pernahkah kalian berpikir "bagaimana jika saat saya menggunakan laptop tanpa baterai tapi beberapa saat kemudian mati listrik?" jika hal ini terjadi sudah jelas akan merusak komponen laptop seperti RAM, Harddisk, Processor dll.

3. Bahkan sebelum listrik mati pun laptop sebenarnya sudah "terancam" karna arus listrik yang tidak stabil, tentu ini akan merusak hardware laptop kalian lambat laun. Jelas lebih baik baterai laptop yang bocor/ drop ketimbang hardware yang rusak? walaupun sebenarnya membandingkan sesuatu yang buruk dengan keburukan lainnya tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik, setidaknya lebih mengecilkan resiko laptop rusak (karna cuma baterai yang drop hehe).

Nah jadi itulah pengalaman dari saya selaku owner JalanTekno.com tentang paradigma menggunakan laptop sambil di charge, semoga bermanfaat.

Have a nice day, share artikel ini ya dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

2 Responses to "Apakah Boleh Menggunakan Laptop Sambil di Charge?"

  1. Saya lg cari info ttg ini, thanks gan
    Mampir ya www.donaydaily.blogspot.com

    BalasHapus
  2. tergantung tipe baterai nya gan. Teknologi skrg udh berkembang, jadj buat laptop keluaran baru lebih baik tetap sambil dicharge, kecuali kepept. Kalo dulu baterai belom ada teknologi buat auto stoo charging saat udh full

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel