-->

Cara Membuat Mail Merge Ms.Word dari Data Ms.Excell Terbaru dan Termudah


       Halo Tekners jumpa lagi kita di blog kesayangan kita ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu Cara Membuat Mail Merge di Ms.Word dari Data Ms.Excell Terbaru, Sebenarnya ini adalah tugas kuliah saya dan saya berpikir daripada ilmu ini saya ga share kan jadi ga bermanfaat hehe mending saya share disini.

Mail Merge berfungsi untuk menghubungkan data yang ada pada Ms. Excel sehingga dapat di akses di Ms. Word. Biasanya Mail Merge ini digunakan untuk membuat undangan atau daftar yang memiliki format yang sama dan data yag digunakan sangat besar, seperi undangan, surat pengumuman, sertifikat dan lain lain, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa disini Ms. Excel berfungsi sebagai penyimpanan data/database.

Oke gausah basa basi lagi langsung saja kita praktekan cara/ tutorialnya, Cekidot..

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita masuk ke Ms. Excel, setelah itu kita beri nama Sheet yang akan kita gunakan ganti saja menjadi "Data" sebagai tempat penyimpanan data, seperti pada gambar dibawah ini :


2. Setelah kita memberi nama sheet sesuai dengan langkah di atas, lalu kita buat tabel yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini :



3. Setelah membuat tabel dan data telah di isi, maka simpan file Ms. Excel tadi sesuai dengan nama file yang di inginkan.

Lanjut ke Ms.Word gan

4. Langkah selanjutya kita buka Ms. Word, pada Ms. Word ini kita akan membuat format baku yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan kalo tugas ane kemaren sih disuruh bikin surat pengumuman resmi gitu gan, jadi kan ada yg terhormat blabla nah diisi nama dan alamat dll dari data Ms.Excell tadi. Sebagai contohnya, dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini:



5. Hubungkan dokumen master pada Ms.Word dengan sumber data di Ms.Excell yaitu buka Maillings>>Klik Select Recepients>>lalu pilih Use Exciting List.. seperti gambar dibawah:



6. Pilih dokumen excel yang berisi sumber data yang sudah dibuat tadi

7. Jika muncul kotak dialog Select Table, pilihlah lembar kerja yang berisi data untuk mail merge. pilih "Data" seperti yang tadi kita rename di step 1. Jangan lupa untuk memberi tanda centang pada First row of data contains column headers, seperti gambar dibawah Setelah itu klik OK.




8. Dengan demikian kedua file sudah terhubung gan. Selanjutnya letakan data pada masing-masing tempatnya, letakan kursor dibagian Nama lalu pada menu mailings pilih Insert Merge Field, Klik opsi nama. lalu ulangi langkah ini pada Alamat juga. seperti pada gambar dibawah ini gan.



9. Jika sudah maka akan terlihat seperti digambar dibawah ini:






10. Klik Preview untuk melihat hasilnya, dan jika ingin melihat data lainnya klik index number ke 2,3,4... dan seterusnya seperti pada gambar:



11. Klik Finish & Merge>> pilih Edit Individual Documents
Note:
-Edit Individual Documents : digunakan jika ingin menyimpannya dalam bentuk file baru. (file akan berisi beberapa halaman sesuai dengan jumlah data yang ada pada file excel).

-Print Documents : digunakan jika ingin langsung dicetak
-Send E-mail Messages : digunakan jika file ingin dikirimkan melalui Email



12. Terakhir pilih ALL lalu klik OK, maka otomatis akan membuat file baru yang berisi Data dari kedua file tersebut (Ms.Word & Ms.Excell yang tadi sudah dibuat, tinggal save deh, selesai).


Oke mudah bukan step-stepnya? sekian artikel mengenai Cara Membuat Mail Merge Ms.Word dari Data Ms.Excell Terbaru 

jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang. Share artikel ini jika berguna ya gan. karna sebaik2nya ilmu adalah ilmu yang berguna :)

Terima Kasih, dan tolong jika anda mengutip artikel ini Cantumkan sumbernya ya :)

0 Response to "Cara Membuat Mail Merge Ms.Word dari Data Ms.Excell Terbaru dan Termudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel