-->

Apa Itu Emulator?

      
 Apa itu emulator ? Emulator atau lebih tepatnya perangkat lunak emulator / software emulator adalah suatu program komputer yang memungkinkan kita untuk menjalankkan suatu program ( bisa program yang diemulsikan dari komputer ke komputer misalnya suatu program Windows yang dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan software emulator Wine) sesuai dengan program aslinya di komputer. 

Banyak jenis-jenis emulator, contohnya emulator game, seperti Nintendo, Xbox, dan Playstation dapat dijalankan di komputer dengan cara memasang emulatornya sendiri sendiri ( emulator Nintendo hanya khusus untuk game Nintendo ).

Sebenarnya tujuan diciptakanya software emulator adalah software yang berguna untuk menjalankan piranti lunak yang hanya disediakan untuk platform tertentu. Dan tujuan diciptakanya emulator game adalah untuk para gamer yang ingin bernostalgia dengan game game atau konsol yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.


Emulator game memungkinkan kita untuk bermain game konsol tertentu pada konsol lain (seperti komputer). Tetapi emulator game tidaklah berguna jika tidak mempunyai file ISO Gamenya. Game game ini disebut ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari game game aslinya

Dengan menggunakan Emulator kita dapat memainkan game game klasik kesukaan kita dulu seperti Mario Bross, Contra, dan Sonic the Hedgehog di komputer kita. Sebenarnya konsep Emulator itu sama seperti PS2/PS1 Nintendo, Game Cube dll. Dengan meniru desain Internal dari suatu sistem. Sekarang ini sudah banyak Emulator emulator yang tersebar di internet mulai dari emulator Game, sampai emulator  Aplikasi Java. Nah JalanTekno sudah merangkum beberapa emulator pada komputer yang paling terkenal yaitu..

CONTOH EMULATOR:

Berikut ini adalah 4 emulator android terbaik untuk Windows dan Mac Os.
1. BlueStacks

BlueStacks adalah emulator android paling populer saat ini. Dengan tampilan yang simpel dan user friendly, BlueStacks memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi android pada sistem operasi Mac OS atau Windows. BlueStacks bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang ada pada Google Play Store dan juga melakukan instalasi aplikasi android dalam bentuk APK.
Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tak salah jika BlueStacks merupakan aplikasi emulator android yang paling banyak digemari. BlueStacks sendiri menyediakan bermacam-macam versi dengan sistem operasi android yang berbeda pula.
2. Andyroid

Andyroid dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Mac dan beberapa versi Linux. Andyroid menawarkan banyak fitur untuk menggunakan aplikasi android pada komputer. Andyroid menggunakan VirtualBox dengan sistem operasi android versi 4.2.2. Andyroid menjalankan Android secara real time dengan kemampuan sinkronisasi dengan akun google sehingga dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pada Google Play setiap hari. Andyroid juga mempunyai kelebihan untuk menginstal aplikasi dalam bentuk APK langsung dari PC tanpa harus mendownload dari komputer virtual dalam emulator. Dan yang lebih menarik, Andyroid mampu mendeteksi smartphone sehingga dapat digunakan sebagai joystick
3. Genymotion

Genymotion juga dikenal sebagai AndroVM yang bekerja dengan menggunakan VirtualBox untuk menghasilkan komputer virtual yang menjalankan sistem operasi android secara real-time pada Windows, Mac atau Linux. Genymotion menyediakan berbagai bentuk skin yang terdiri dari Google Nexus dengan sistem operasi Jelly Bean, Nexus One, Nexus S dan beberapa perangkat berukuran 10 inchi. Genymotion juga menyediakan akses root dan mendukung akselerasi hardware dan grafis dengan OpenGL 3D.
4. PCSX2

PCSX2 adalah emulator PlayStation 2 (favorit ane dah inimah hahaha), sebuah software yang berfungsi untuk mensimulasikan kemampuan mesin permainan PlayStation 2 di komputer. Atau jika ingin dipersingkat, berarti bermain game PlayStation 2 di komputer. Dan tentu saja, ini cukup diminati oleh para penggemar berat PlaySation 2 (yang kebetulan juga memiliki komputer dengan spesifikasi yang berat juga, pastinya), sehingga cukup banyak dicari dan digunakan. Kenapa? Entahlah, mungkin karena game-game untuk PlaySation 2 (PS2) sangat beragam dan mudah didapatkan, dan lebih seru dibanding game untuk komputer biasa.

Cukup sekian artikel mengenai emulator ini, Semoga bermanfaat :)
jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang. Share artikel ini jika berguna ya gan.

Terima Kasih, dan tolong jika anda mengutip artikel ini Cantumkan sumbernya ya :)

0 Response to "Apa Itu Emulator?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel