-->

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Saat internetan




Cara mengatasi laptop yang lemot saat internetan/browsing   



Halo Tekners kali ini saya akan membahas cara mengatasi laptop yang lemot saat internetan/browsing, kadang kita suka dijengkelkan saat browsing dilaptop yang lelet bukan?, 

kebanyakan dari kalian tidak suka dengan keadaan ini bahkan kalian ingin memalingkan diri dari laptop kalian dan segera menuju HP untuk browsing karna mungkin akan lebih cepat ketimbang dilaptop.

Bukannya mempermudah pekerjaan laptop yang lemot saat browsing justru menyebabkan sebaliknya.

Agar terhindar dari masalah seperti itu agan harus rajin-rajin merawat komputer/laptop agan tapi mungkin banyak dari agan yang belum/ tidak tahu harus mulai dari mana untuk merawat laptop agan, akibatnya ya agan mau tak mau harus ekstra sabar saat browsing di laptop agan, huh.. sungguh mengganggu bukan? oleh sebab itu ada baiknya agan menyimak panduannya berikut ini, Cekidott...

Menghapus 'Junk File'




Apabila dibiarkan, Junk files bisa membuat kinerja laptop agan menjadi berat. Harddisk pun akan menjadi penuh, Akibatnya laptop menjadi sangat lamban, salah satunya ketika digunakan untuk berinternet.


Bagi agan yang memakai/menggunakan komputer atau laptop dengan Sistem Operasi Windows, Gunakan tool 'Windows Clean Up' untuk menghapus junk files dikomputer/ laptop agan. Caranya buka tools 'Windows Disk Clean Up' dengan masuk ke properties partisi harddisk dan klik 'Disk Clean Up', kemudian jendela(window) baru akan terbuka dengan kontent daftar file-file yang akan dihapus, apabila sudah memilih mana file yang ingin dihapus klik 'OK' untuk menghapusnya.

Defragmentasi Harddisk



Ini merupakan cara alternatif, apabila kamu disaat membuka file atau program yang terlalu lama, bisa jadi program atau file tersebut sudah terfragment dalam harddisk.


Apabila sudah demikian , maka file-file tersebut dalam kondisi yang telah ter acak atau tidak tersusun rapi. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya proses edit, penghapusan, pemindahan dll. Akibatnya 'Head Harddisk' memerlukan waktu lebih lama guna menemukan file-file tersebut.

Hapus Vlrus, Malw@re, Adw@re dll




Ini juga merupakan faktor kenapa laptop agan menjadi lamban apalagi ketika browsing, ini dikarenakan adanya vlrus dll. Vlrus akan menginfeksi harddisk dan akibatnya sumber daya atau tenaga yang dimiliki laptop atau harddisk menjadi terbebani dan semakin berkurang kinerjanya.

Untuk mengatasi masalah seperti demikian ini, maka kamu harus menginstal program Antivlrus terpercaya, dan rajinlah lakukan update pada antivirus tersebut agar dapat mengenali vlrus-vlrus terbaru.

Apabila ternyata laptop sudah terinfeksi vlrus sebelum menginstal antivlrus tersebut, maka laptop akan menjadi lamban dan akan banyak file yang corrupt. Apabila sudah demikian langkah terbaik untuk menghilangkan vlrus dan mengembalikan kinerja laptop agar kembali semula adalah dengan Instal Ulang Sistem Operasi.

Uninstal Program Tidak Penting




Nah inilah yang terkahir dan yang paling banyak ditemui, laptop yang lamban atau lemot sebenarnya bukanlah masalah yang serius. Hal ini terjadi dikarenakan banyaknya aplikasi tidak penting yang terinstal di laptop agan, karna akan membuat harddisk dan RAM sesak.

Untuk melihat dan memastikan program yang terinstal dilaptop silahkan cek di 'Control Panel' lalu buka 'Program and Features' lalu silahkan pilih dan uninstal program yang agan rasa tidak penting dan hanya membuat laptop menjadi lamban.

Oke saya rasa sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat ya gan.
jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang tapi tenang admin akan menjawab secepatnya kok. Share artikel ini jika berguna ya gan. karna sebaik2nya ilmu adalah ilmu yang berguna :) 

Terima Kasih, dan tolong jika anda mengutip artikel ini Cantumkan sumbernya ya :) 

0 Response to "Cara Agar Laptop Tidak Lemot Saat internetan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel