-->

Apa Itu Crawling dan Indexing Beserta Contohnya

Halo Tekners, kali ini saya akan membahas Apa Itu Crawling dan Indexing, ya mungkin kalian yang sudah atau sering bergelut dengan dunia web/blogging kalian pasti sudah mengenal Pengertian Crawling maupun pengertian indexing.




Crawling adalah proses google melakukan perayapan (crawl) dengan robotnya google yang dikenal dengan nama google spider. Saat website baru atau artikel baru muncul atau dipublish, google akan mulai melakukan crawling ke seluruh dokumen-dokumen web tersebut jika namun perlu kalian tau, proses crawling ini kadang cepat kadang sangat lambat tergantung SEO blog kalian dan apakah kalian men submitnya kegoogle atau tidak. 

Ketika crawlers menemukan halaman atau artikel dari sebuah web, tugas selanjutnya adalah mengambil data-data dari halaman web tersebut dan menyimpannya ke dalam hardisk, yang dimana nanti dapat diakses pada saat dilakukan query yang berhubungan dengan data tersebut. Untuk mencapai tujuan mengumpulkan milyaran halaman web dan menyajikannya dalam hitungan detik, search engine membutuhkan data center yang sangat besar dan canggih untuk mengelola semua data ini dan tentunya membutuhkan waktu.




Sedangkan Indexing adalah Hasil dari crawling si robot spider ini, kemudian disimpan ke dalam database google. Nah penyimpanan ke database inilah yang disebut dengan indexing.

Contoh sederhananya adalah, jika agan punya website ataupun blog, agan pasti pernah update artikel baru, nah setelah artikel kalian publish kalian penasaran artikel yang agan publish barusan ada dipage berapa di  mesin pencari google. Setelah mencari di page 1-10 kalian tetap tidak melihat artikel agan, padahal keyword sudah sama dengan judul artikel agan.

Ini berarti artikel yang agan publish belum terindex oleh mesin pencari google, maka hasilnya artikel agan akan sulit dicari, solusinya jika agan ingin agar artikel agan terindex adalah dengan Submit Sitemap dari blog/web agan. Dan rajin-rajin lah submit URL secara manual (pengalaman saya) untuk lebih jelasnya silahkan agan cari di google hehe.
Oke saya rasa sekian artikel mengenai Apa Itu Crawling dan Indexing dan contohnya, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang tapi tenang admin akan menjawab secepatnya kok. Share artikel ini jika berguna ya gan. karna sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang berguna :)

Terima Kasih, dan tolong jika anda mengutip artikel ini Cantumkan sumbernya ya :)

0 Response to "Apa Itu Crawling dan Indexing Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel