-->

Cara Membuka Website Yang Diblokir Termudah


       Sejatinya internet dirancang agar bebas dan terbuka. Karena internet adalah milik orang-orang yang membuat dan menggunakannya. Sayangnya, beberapa pemerintah di sejumlah negara tidak ingin seperti itu, termasuk negara kita Indonesia, jujur saja menurut saya negara kita ini terlalu "lebay" karna terlalu over, bisa kita lihat beberapa waktu lalu pihak pemerintah kita sudah memblokir beberapa website yang bisa dibilang sangat terkenal dan sangat bermanfaat seperti reddit, bagi yang tidak tau, reddit adalah sebuah website yang sangat mirip seperti Kaskus. 


Tapi memang jujur kedua website tersebut (reddit dan kaskus) memang bagaikan pisau bermata dua karena mempunyai sisi positif dan negatif, website tersebut juga memiliki beberapa kategori- kategori yang mungkin sangat sensitif bagi beberapa pembaca, tapi kita tidak boleh mengecap sesuatu sebagai sesuatu yang buruk hanya karna "setetes titik hitam" pada kertas putih yang besar, namun memang dasrnya manusia seperti yang kita tau selalu dan cenderung mengingat sesuatu keburukan daripada kebaikan orang lain, yah curhat kan tuh saya hehe.

Mereka (pemerintah dan provider) mengubah cara kerja internet dan membatasi warganya untuk mengakses internet dengan penerapan sensor internet yang sangat tinggi. Seperti memblokir akses ke situs-situs tertentu yang dianggap akan merugikan kepentingan bangsa.

Selain itu, di beberapa sekolah, universitas, atau kantor juga kadang melakukan batasan dengan memblokir akses ke situs-situs media sosial atau situs tertentu.



Situs yang diblokir ketika jam kerja seperti facebook dan game online, membuat kita tak bisa mengisi kebosanan, secara sederhana kita bisa menggunakan proxy alternatif untuk membuka situs tersebut, masalah muncul ketika tidak bisa membuka situs proxy atau menggunakan software proxy seperti ultrasurf atau hotspotshield, nah kali ini ada cara baru untuk membuka situs yang diblokir, yaitu menggunakan VPN.


VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, cara kerjanya seperti proxy, jadi menggunakan pihak ketiga untuk surfing, menurut saya sendiri ultrasurf dan hotspotshield menggunakan VPN, namun entah mengapa di kampus, saya tidak bisa menggunakan kedua software tersebut untuk membuka facebook.


Mengenai keamanan lalu lintas data, saya tidak bisa mengatakan apapun namun di hampir semua website penyedia proxy dan vpn, mereka menuliskan bahwa privasi dan keamanan data terjamin.


4 Cara Mengakses Situs Yang di Blokir

1. Menggunakan VPN


Cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang memungkinkan kita menggunakan IP dari luar negara, tentu secara otomatis akan membuka "gerbang" yang ditutup oleh pemerintah indonesia.

2. Menggunakan Website Proxy


Proxy adalah server yang memungkinkan kamu untuk terhubung dan 'keluar' jaringan kamu. Dengan menggunakan proxy ketika berselancar di dunia internet, IP kamu akan tertutupi dan lalulintas data terbaca sebagai lalulintas dari server proxy.

Ada banyak jenis proxy untuk membuka situs yang diblokir, namun yang paling umum dan mudah digunakan adalah proxy berbasis web.

3. Ganti URL Dengan IP


Website yang diblokir ternyata terkadang hanya diblokir sesuai dengan URL-nya saja lho. Menggunakan IP website yang terblokir, justru berhasil terbuka lho tekners.

Cara membuka situs yang diblokir dengan IP adalah lewat Command Prompt (CMD) di komputermu, dengan cara ketik CMD di kolom search. Jika sudah terbuka, ketik 'ping www.namawebsite.com' dan tekan Enter. Lalu akan muncul IP dari website tersebut, copy dan paste ke dalam browser kamu.

4. Ubah Jaringan Proxy di Browser


Kamu juga bisa setting proxy di browser Chrome kamu untuk mengakses situs-situs yang telah terblokir, kamu hanya perlu mengatur beberapa setelan (settings) pada browser kamu.

Nah itulah beberapa cara yang JalanTekno rangkum yang tentunya bisa kamu lakukan untuk membuka situs- situs yang diblokir dinegara tercinta kita ini, gunakan dengan bijak ya tekners.


Jika ada pertanyaan silahkan ketikkan dikolom komentar.

Have a nice day, share artikel ini ya dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

0 Response to "Cara Membuka Website Yang Diblokir Termudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel