-->

Apa Itu Artifical Intelegence Perlukah Kita Takut?



       Halo Tekners, senang bertemu dengan kalian dipostingan terbaru saya ini. Ya, sesuai judul dari artikel ini, kita akan membahas Pengertian Artifical Intelegence, Apa Itu Artifical Intelegence, Contoh-Contoh Artifical Intelegence dan lain sebagainya. Cekidott..


Definisi Artifical Intelegence

Dengan seiringnya perkembangan teknologi, AI (Artificial Intelligence) semakin berkembang lebih pesat, banyak perusahaan perusahaan teknologi sedang mengembangkan AI tersebut, bahkan perusahaan Google yang dianggap sebagai raksasa perusahaan teknologi sedang berkopetensi dengan perusahaan lain untuk mengembangkan Artificial Intelligence tersebut.

AI (artificial intelligence) atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan mungkin sudah tidak asing lagi, AI sendiri merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang dibuat agar mesin dapat melakukan pekerjaan atau memecahkan permasalahan seperti layaknya manusia.

Istilah kecerdasan buatan sendiri berasal dari bahasa Inggris dari kata “artificial intelegence“. Artificial yang berarti buatan, sedangkan Intelligence sebuah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence merupakan suatu buatan yang cerdas (ketajaman atau kepandaian dalam berpikir).

Pengembangan Artificial Intelligence ini digadang gadang akan menggantikan posisi manusia, bahkan bisa dikatakan lebih pintar dari manusia.


Penerapan AI dikehidupan Nyata

Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam beberapa bidang seperti:


  1. Bidang ekonomi, 
  2. Obat-obatan (medis dan kedokteran)
  3. Teknik
  4. Pendidikan
  5. Militer
  6. Agricultural (pertanian)
  7. Video Games/ console
  8. Aplikasi Perangkat Lunak (software)


Dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tetap saja dengan kehebatan artificial intelligence ini ia tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.


Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan:



  1. Bersifat permanen, tidak berubah (tergantung pada sistem komputer dan program).
  2. Dapat menyimpan berbagai informasi atau data tanpa adanya batasan (dapat disesuaikan dengan kebutuhan).
  3. Cepat dan akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan (dalam sistem kerjanya).
  4. Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.
  5. Bisa  menduplikasi dan mentransfer suatu kemampuan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain (sistem).
  6. Penggunaan tanpa adanya batas waktu, ini karena AI tidak mengenal rasa lelah dan bosan



Kekurangan:

  1. Kecerdasan yang ada pada Artificial Intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programer (terbatas pada suatu program).
  2. Tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut.
  3. Tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada Artificial Intelligence tergantung pada sistem yang dibangun.

Perlukah Takut Pada AI (Artifical Intelegence)?


Premis AI yang lahir sebagai mesin yang terus belajar, dikhawatirkan dimasa depan akan menyingkirkan manusia. Tentu hal ini akan membuat beberapa orang menjadi was-was dikarenakan posisi dan pekerjaannya yang mungkin akan terancam, sebenarnya kita tidak perlu takut, karena sesungguhnya kitalah yang membuat program tersebut, kita bisa menjadi Operator/admin dari AI tersebut, hal yang harus kita lakukan adalah dengan terus mengembangkan diri kita sendiri. Agar tidak tergerus dengan kemajuan zaman

Oke saya rasa diatas sudah cukup banyak pembahasannya, semoga bermanfaat ya gan.

Jika ada pertanyaan silahkan ketikan dikolom komentar dibawah, Admin akan menjawab jika ada waktu luang tapi tenang admin akan menjawab secepatnya kok. Share artikel ini jika berguna ya gan. karna sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang berguna :)

0 Response to "Apa Itu Artifical Intelegence Perlukah Kita Takut?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

b

c

Iklan Bawah Artikel